Beberapa Istilah dan Rumus dalam Excel
A. Istilah Penting dalam Excel
1. Kolom (columen) adalah kolom pada excel yang ditandai dengan huruf yang berjajar ke kanan
2. Baris (row) adalah baris pada excel yang ditandai dengan angka yang berjajar ke bawah
3. Sel (cell) adalah pertemuan antar kolon dan baris
4. Range, yaitu kimpulan dari beberapa sel
B. Beberapa Rumus dalam Excel
1. Menu Tex
Dapat ditemukan pada menu home dan biasanya digunakan untuk menulis nomor yang diawali dengan "0". Biasanya ketika kita menulis di excel dengan awalan angka 0, setelah kita enter angka 0 akan hilang. Untuk menembahkan 0 bisa menggunakan menu tex ini..
Gambar. 1
2. Rata-rata (average)
Cara penggunaan rumus ini sama dengan rumus lainya, yang paling utama sebelum melulis rumus diawali dengan "=". Rumus untuk mencari rata-rata "=Average(number1:number2)"
3. Penjumlahan (Sum)
Rumus penjmlahan "=Sum (number1:number2)". Digunakan untuk menjumlah angka dalam beberapa sel secara sekaligus.
4. SUM IF
Rumus ini berfungsi sebagai penjumlahan, tetepi yang dijumlah buknlah angka, tetapi untuk menjumlah banyaknya suatu hal, misalnya menghitung banyaknya baris yang terdapat tulisan
"buku".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar